PENGANTAR MEDIA

Apa yang dimaksud dengan “media” dalam pembelajaran? Media pembelajaran merupakan bagian dari sumber belajar. Dengan demikian, maka sumber belajar kedudukannya lebih luas, yang di dalamnya termasuk media dan alat bantu pembelajaran. Untuk memahami apa yang dimaksud dengan “Media Pembelajaran” dan membedakannya dengan alat bantu dan sumber belajar perhatikannlah ilustrai berikut

Kasus 1 :

Seorang guru biologi menjelaskan adaptasi morfologi, yaitu terjadinya perubahan bentuk organ tertentu yang berlangsung dalam kurun waktu relatif lama untuk kelangsungan jenisnya. Maka untuk memperoleh informasi yang diberikannya, guru tersebut menggunakan media gambar/carta dari bentuk-bentuk paruh burung dan cakar burung yang beraneka ragam dan media awetan dari macam-macam bentuk paruh burung. Contoh media awetan seperti ini atau seperti ini.

Kasus 2 :

Untuk mengamati bentuk sporangium (kotak spora) pada paku Nephrolepis yaitu bentuk sorus, ada yang terbuka dan ada yang berpenutup (indusium), maka untuk membantu pengamatan agar terlihat jelas, siswa disuruh menggunakan Loupe atau kaca pembesar.

Dari contoh di atas dapat dikatakan bahwa kasus pertama disebut media, yaitu media gambar atau carta memperjelas informasi dari guru, dan yang kedua disebut alat bantu pengajaran untuk mengamati sorus.

Alat komunikasi merumuskan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat diindra, yang berfungsi sebagai sarana atau alat untuk proses komunikasi. Oleh karena itu dapat dikakatan bahwa media pembelajaran adalah segala jenis sarana yang dapat diindra yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran.

Dengan demikian “Media Pembelajaran” merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar dan betrumpu pada tujuan, materi, pendekatan, metode dan evaluasi pembelajaran. Di samping media ada pula yang disebut alat bantu pembelajaran, bedanya hanyalah pada fungsi, bukan pada substansi. Suatu sumber belajar dikatakan media jika hal itu merupakan bagian integral dari seluruh kegiatan belaajar, sedangkan suatu sumber belajar dikatakan alat pembelajaran, jika fungsinya hanya sebagai alat bantu yang dapat menunjang keefektifan dan efisiensi pembelajaran dan media pendidikan pada umumnya.

Sumber :

Nuryani, dkk. (2003).Common Textbook “Strategri Belajar Mengajar Biologi”. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

0 Comments:

Post a Comment



Search by Gooogle