Proposal Pelatihan

PELATIHAN BERBAGAI KETERAMPILAN (LIFE SKILL) BIOLOGI

DALAM RANGKA MEMEBENTUK KECAKAPAN PERSONAL,

KECAKAPAN SOSIAL, KECAKAPAN INTELEKTUAL, DAN

KECAKAPAN VOKASIONAL UNTUK BEKERJA ATAU USAHA MANDIRI


A. PENDAHULUAN

Rendahnya mutu akademik pendidikan di Indonesia dan rendahnya mutu SDM, merupakan salah satu sebab Indonesia belum mampu memulihkan ekonominya yang terpuruk sejak krisis moneter tahun 1997. Reorientasi dari pendidikan yang cenderung verbalistis ke arah pendidikan berbasis kompetensi dan kecakapan hidup (life skill), yang dilaksanakan dengan pola manajemen pendidikan mutu berbasis sekolah (MPMBS), dalam payung undang-undang Sisdiknas 2003, merupakan upaya pemerinatah yang meyakinkan. Dan juga pemerintah berusaha terus untuk memperbaiki terus kurikulum tersebut dengan sekarang dikembangkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP). Namun demikian kunci keberhasilannya terletak pada mutu kepemimpinan kepala sekolah sebagai orang nomor satu/pemegang kendali kebijakan pendidikan dan profesionalitas guru, sebagai promotor dan fasilitator pembelajaran siswa.


Mutu pendidikan Indonesia yang rendah tersebut bahkan dalam komparasi internasional, hendaknya dapat dijadikan bahan renungan bagi para pakar dan praktisi pendidikan dalam melaksanakan tugasnya. Peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan kualitas SDM Indonesia merupakan upaya yang sangat penting dalam memulihkan ekonomi kita yang masih dalam keadaan terpuruk.


Prinsip penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dijelaskan pada pasal 4 ayat (2) sebagai pendidikan multi makna, yaitu proses pendidikan yang diselenggarakan dengan dengan berorientasi pada pemberdayaan, pembentukan watak dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup”.


Prinsip penyelenggaraan kecakapan hidup ini belaku untuk semua jalur pendidikan, baik formal, non formal, maupun informal. Rincian dari pendidikan kecapakan hidup terdapat pada penjelasan UU Sisdiknas 2003 pasal 26 ayat (3) yaitu : “pendidikan kecakapan hidup (life skill) adalah pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri”.

Tujuan Pendidikan dalam agama Islam, antara lain kepada meraka yang berhasil dalam pendidikan dan mampu meraih ilmu dalam iman dan takwanya, maka kepadanya Allah SWT berjanji untuk meningkatkan derajatnya seperti yang dijelaskan dalam Al-Mujaadalah bahwasanya : “…..Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramudan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” (Q.S. 58:11).


Ayat-ayat di atas hanya sebagian kecil dari begitu banyak ayat-ayat suci Al-Quran yang menggambarkan profil manusia sebagai hasil pendidikan, namun demikian diharapkan ayat-ayat tersebut dapat memberikan gambaran dari tujuan pendidikan yang berorientasi pada pembentukan insan ulil albab yang kaaffah, yang memiliki iman dan takwa, menguasai IPTEK serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-sehar-hari, sehingga bermanfaat bagi dirinya, keluarga, bangsa, Negara dan agamanya (rahmatan lil alamin). Dengan kata lain perkataan hasil pendidikan adalah manusia muslim yang kaaffah yang memiliki iman, ilmu dan amal secara terintegrasi atau yang kompeten.


B. TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN

Tujuan : Pelatihan keterampilan berbagai macam “Life Skill” ini bertujuan memberikan Pengetahuan dan keterampilan kepada siswa/siswi bagaimana cara mengawetkan spesimen baik hewan ataupun tumbuhan dalam Bioplastik,Herbarium (basah atau kering) dan Pewarnaan Tulang (untuk mengamati perkembangan tulang)

Manfaat : yang didapat dari pelatihan keterampilan ini adalah memberikan keterampilan nyata sebagai individu/pribadi, dan ini sejalan dengan konsep “kecakapan yang harus dimiliki siswa untuk dapat memperoleh kemampuan lain yang bersifat mendasar (kompetensi dasar) bagi suatu bidang keahlian tertentu.Disamping kecakapan proses, kecakapan hidup yang bersifat umum (general life skill) juga terdiri dari kecakapan personal dan kecakapan social”.


C. MATERI

1. Herbarium

2. Taksidermi

3. Bioplastik

4. Pewarnaan Tulang

5. Pembuatan Slide Preparat Mikroskop


D. JADWAL KEGIATAN

Disesuaiakan dengan paket pilihan pelatihan. (menyusul)


E. ANGGARAN BIAYA (terlampir)

F. PENUTUP

Demikian uraian singkat mengenai pelaksanaan pelatihan berbagai keterampilan (life skill) biologi yang kami sajikan semoga bisa memberikan sedikit gambaran bagaiamana berbagai keterampilam ini bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan anak didik kita sehingga mereka dapat mengaktualisasikan semua potensi yang dimilikinya menjadi kemampuan, yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupannya sehari-hari di masyarakat luas.

Bagian akhir dari penjelasan ini kami memberikan penekanan bahwa materi ini adalah materi yang sangat potensial untuk dikembangkan karena bagi seorang enterpreneur/enterpreunership/kewirausahaan/ ini adalah suatu peluang besar dan sudah banyak yang membuktikan ini berhasil dengan baik. Sebagi umat muslim marilah kita mencontoh Muahammad Rasulullah SAW sebagai figur wirausaha islam, dan banyak sunahnya dalam kewiraswastaan (enterpreunership).

Bandung, 28 Oktober 2009

a.n. Team Instruktur

ttd

Sarna Suryana, S.Pd.



Lampiran Anggaran Biaya (Silahkan kontak lewat email....atau konfirmasi
lewat sms "sudah kirim email" untuk minta informasi Jasa Tarif Pelatihan.


0 Comments:

Post a Comment



Search by Gooogle